TONSEALAMA GELAR MUSDES PERENCANAAN RKPDesa 2024

TONSEALAMA GELAR MUSDES PERENCANAAN RKPDesa 2024

Tonsealama - 05/10/2023  Perencanaan Pembangunan Desa merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Desa. Dan untuk melaksanakan hal tersebut, Pemerintah Desa Tonsealama bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tonsealama, Kamis 5 Oktober 2023 di Balai Kemasyarakatan Desa mengelar kegiatan MUSDES Perencanaan Pembangunan Desa Tahun 2024.

Dalam laporannya, Pj.Hukum Tua Desa Tonsealama, Estefanus Dimpudus, A.Md menyampaikan bahwa kegiatan perencanaan Pembangunan Desa untuk Desa Tonsealama telah diawali dengan Musyawarah Jaga/Dusun pada tanggal 12 - 16 September 2023. "Kegiatan Musyawarah Jaga/Dusun dilaksanakan sebagai upaya Pemerintah Desa untuk menggali dan menghimpun gagasan atau usulan Kegaitan Pembangunan yang nantinya akan dirumuskan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) yang menjadi landasan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) untuk Tahun 2024". kata Estefanus

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Camat Tondano Utara, Thelma Safera Torar, S,Sos. yang dalam sambutannya menekankan tentang Perencanaan Pembangunan yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Desa. "Selaku Camat Tondano Utara, saya memberi apresiasi kepada Pemerintah Desa dan BPD Tonsealama yang telah melaksanakan tahapan Perencanaan Pembangunan Desa sesuai ketentuan yang berlaku. Musdes Perencanaan Pembangunan saat ini merupakan dasar bagi Pemerintah Desa dalam merencanakan, menyusun dan melaksanakan kerja-kerja pemerintahan. Nantinya apa yang direncanakan dan dirumuskan akan ditetapkan dalam forum Musrenbangdes." jelas Camat

Hadir dan turut memberi pengarahan adalah Kapolsek Toulimambot, IPDA.Rivi Ranly Tawalujan, SH dan Danramil 1302 01 Tondano, Kapten Inf.Donny Lumenta, serta Pendaming Desa, Novita Rachmat, ST dan Gusti Wahyuni Perbatasari.

Seluruh peserta Musyawarah Desa, yaitu Anggota BPD Tonsealama, Perangkat Desa, Lembaga-lembaga Desa (TP-PKK, LPM, Karang Taruna), BUMDesa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat telah sepakat menerima usulan kegiatan pembangunan yang disampaikan oleh Kepala Jaga dan Meweteng Jaga 1 s/d Jaga 5 dan membentuk Tim Penyusunan RKPDesa Tonsealama Tahun 2024 yang diketuai oleh Sekretaris Desa, Henny.E.O.Tumengkol dengan menandatangani Berita Acara Musdes. (Allo)

Share